Kusen Pintu dan Jendela

Kusen, pintu dan jendela adalah salah satu bagian terpenting bagi sebuah rumah. Kedua elemen ini dapat berfungsi sebagai sirkulasi udara, masuknya cahaya atau sinar matahari serta pintu sebagai sarana gerbang keluar masunya kita dirumah tersebut. Selain itu, keberadaan jendela juga dapat menambah kecantikan estetika arsitektur rumah kita.

Sejarahnya, belum ada / dan atau belum terdapat sebuah bangunan atau rumah yang tidak memiliki jendela, apalagi yang tidak memiliki pintu. Meskipun pada awalnya fungsi jendela hanya untuk sebatas sirkulasi udara atau masuknya cahaya disebuah bangunan. Oleh sebab itu, pada proses membuat kusen, pintu dan jendela seharusnya menggunakan kayu jenis atau kelas yang baik, seperti kayu yang keras dan kering, atau lebih bagusnya lagi jika kayu melalui proses pengeringan buatan atau di-oven agar tidak memuai dan menyusut karena perubahan iklim siang, malam dan panas atau hujan, tentunya ini akan membuat pintu dapat bertahan lebih lama.

Dalam pemasangan kusen pintu biasanya ditinggikan sekitar 10 cm dari permukaan lantai, selain itu selisih ketinggian antara lantai dan bagian terbawah dari kusen jendela tersebut diberi adukan semen serta ditancapkan besi angkur sebagai pengikat antar adukan semen dengan balok kayu kusen, hal tersebut dilakukan agar kusen dapat melekat dengan kuat dan tidak mudah goyang.

Demikian tips dan info dari Kami, mudah-mudahan dapat berguna bagi kita semua.

sumber: archipost

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>